Flashdisk Video Edukasi Islami Berisi 500 Lebih Video Edukasi.. Flashdisk 16GB Sandisk ORIGINAL garansi 5 Tahun. Gratis 1 OTG Dengan potongan 12%! Hanya Rp74.800. Dapatkan sekarang juga di Shopee! klik link ini langsung ke Shopee  VIDEO EDUKASI ISLAMI atau klik wa 081296355567 untuk WA ke Admin langsung Paket Flashdisk Video Edukasi Anak Muslim 16GB + Bonus OTG



Flashdisk Video Edukasi Islami Berisi 500 Lebih Video Edukasi.. Flashdisk 16GB Sandisk ORIGINAL garansi 5 Tahun. Gratis 1 OTG Dengan potongan 12%! Hanya Rp74.800. Dapatkan sekarang juga di Shopee! klik link ini langsung ke Shopee  VIDEO EDUKASI ISLAMI atau klik wa 081296355567 untuk WA ke Admin langsung Paket Flashdisk Video Edukasi Anak Muslim 16GB + Bonus OTG



Pendidikanku : Soal Sifat Operasi Hitung, Pembulatan dan Penaksiran

Pendidikanku : Soal Sifat Operasi Hitung, Pembulatan dan Penaksiran - Sahabat Dunia pendidikan Indonesia, Pada Artikel pendidikan yang anda baca kali ini dengan judul Pendidikanku : Soal Sifat Operasi Hitung, Pembulatan dan Penaksiran, team telah mencoba mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasinya. mudah-mudahan isi artikel saya ini, Artikel Soal, yang sudah dipersiapkan dan kami tulis ini dapat bermanfaat. Selamat membaca, jangan lupa SHARE dan Bookmark agar mudah mencari artikel ini.

Judul : Pendidikanku : Soal Sifat Operasi Hitung, Pembulatan dan Penaksiran
link : Pendidikanku : Soal Sifat Operasi Hitung, Pembulatan dan Penaksiran
Melakukan operasi hitung bilangan bulat termasuk penggunaan sifat-sifatnya, pembulatan, dan penaksiran. Dalam pengerjaan hitung bilangan ada beberapa sifat yang harus kita ketahui, yaitu
  • Sifat Komutatif, Sifat komutatif biasa disebut sebagai sifat pertukaran. Artinya operasi tersebut bisa kita tukar atau balik. Sifat komutatif bisa dirumuskan : a + b = b + a, a x b = b x a
  • Sifat Assosiatif, Sifat assosiatif disebut juga sifat pengelompokan. Artinya untuk mempermudah pengerjaan operasi hitung dikelompokkan terlebih dahulu. Sifat assosiatif bisa dirumuskan : (a + b) + c = a + (b + c), (a x b) x c = a x (b x c)
  • Sifat Distributif . Sifat distributif disebut juga sifat penyebaran. Sifat distributif bisa dirumuskan :  a x (b + c) = a x b + a x c sifat distributif perkalian terhadap penjumlahan. a x (b - c) = a x b - a x c   sifat distributif perkalian terhadap pengurangan
Berikut ini beberapa contoh soal sifat operasi hitung dan Penaksiran
1.  (425 + 267) + 349 = ....
  • a. 425 + (267 × 349)
  • b. 425 × (267 + 349)
  • c. 425 × (267 × 349)
  • d. 425 + (267 + 349)
(425 +267) + 349 = 425 + (267+349)-Sifat asosiatif/pengelompokan pada penjumlahan
Pada penjumlahan berlaku sifat asosiatif (pengelompokan).
Jadi, (425 + 267) + 349 = 425 + (267 + 349).
2. 49 × 121 = ....
  • a. 121 + 49
  • b. 49 + 121
  • c. 121 : 49
  • d. 121 × 49
Pada perkalian berlaku sifat komutatif/pertukaran.
Jadi, 49 × 121 = 121 × 49.
3. Hasil dari -120 : (-5) adalah ....
  • a. -20
  • b. -24
  • c. 20
  • d. 24
-120 : -5 = 24
4. Mayang diberi uang saku sebanyak Rp10.000,00. Uang tersebut ia belikan es krim Rp2.550,00 dan bakso Rp5.250,00. Berapa kira-kira sisa uang saku Mayang?
  • a. Rp1.000,00
  • b. Rp2.000,00
  • c. Rp3.000,00
  • d. Rp4.000,00
Rp10.000,00 - (Rp2.550,00 + Rp5.250,00) kira-kira Rp10.000,00 - (Rp3.000,00 + Rp6.000,00) = Rp1.000,00
Jadi, sisa uang saku Maya adalah Rp1.000,00.
5. 1.243 × 491 = 491 × ...
    Bilangan yang tepat untuk mengisi titik-titik di atas adalah ....
  • a. 251
  • b. 491
  • c. 1.243
  • d. 2.143
Pada perkalian berlaku sifat komutatif.
1.243 × 491 = 491 × 1.243
Jadi, bilangan yang tepat untuk mengisi titik-titik adalah 1.243.
6. Nilai taksiran dari 834 : 52 adalah ....
  • a. 20
  • b. 18
  • c. 16
  • d. 14
834 : 52 kira-kira 800 : 50 = 16
7. Taksiran dari 1.521 - 875 adalah ....
  • a. 1.000
  • b. 1.100
  • c. 1.200
  • d. 1.300
1.521 - 875 kira-kira 2.000 - 900 = 1.100
8. (54 + 27) : 9 = (54 : ...) + (27 : ...)
Bilangan yang tepat untuk mengisi titik-titik di atas adalah ....
  • a. 9
  • b. 18
  • c. 27
  • d. 54
Pada operasi penjumlahan dan pembagian berlaku sifat distributif kanan.
(54 + 27) : 9 = (54 : 9) + (27 : 9)
Jadi, bilangan yang tepat untuk mengisi titik-titik adalah 9.
9. Pembulatan ke ratusan terdekat dari 34.726 adalah ....
  • a. 34.720
  • b. 34.730
  • c. 34.700
  • d. 34.800
Pada bilangan 34.726, bilangan yang bernilai tempat puluhan kurang dari 5, maka pembulatan ke ratusan terdekat dari 34.726 adalah 34.700.
10. Pembulatan ke puluhan terdekat dari 347 adalah ....
  • a. 340
  • b. 350
  • c. 300
  • d. 400
Karena bilangan yang bernilai satuan lebih dari 5, maka pembulatan ke puluhan terdekat dari 347 adalah 350.

Soal Isian

1. Hasil taksiran dari 35 × 729 kira-kira ....
    40 × 700 = 28.000
2. Pembulatan 17,9 ke satuan terdekat adalah ....
    18
3. Hasil taksiran dari 812 : 37 kira-kira ....
    800 : 40 = 20
4. 31,1 dibulatkan ke satuan terdekat menjadi ....
   31
5. ( 18 × 20 ) - ( 68 × 18 ) = ....
    ( 18 × 20 ) - ( 68 × 18 ) = 18 × ( 68 - 20 )
                                             = 18 × 48
                                             = 864

6. Bentuk distributif dari 11 × { (-17) + 24 } adalah ....
    11 × { (-17) + 24 } = { 11 × (-17) } + { 11 × 24 }
7.  21 dibulatkan ke puluhan terdekat menjadi ....
    20
8. 18.215 dibulatkan ke ribuan terdekat menjadi ....
    18.000
9. Pembulatan 124,5 ke satuan terdekat adalah ....
     125
10.49 + (-8) = ... + ...
     49 + (-8) = (-8) + 49

Soal Uraian
1. Sebanyak 127 warga desa Karang Anyar bekerja sebagai petani, 248 warga bekerja 
    sebagai pegawai, dan 108 warga bekerja sebagai buruh pabrik. Berapa kira-kira jumlah 
    warga desa Karang Anyar yang bekerja? (Bulatkan dalam puluhan terdekat)
    127 + 248 + 108 kira-kira 130 + 250 + 110 = 490
    Jadi, jumlah warga desa Sendang Ayu yang bekerja kira-kira 490 orang. 
2. Ruang tamu Pak Iksan berbentuk persegi dengan panjang sisinya 4 m. Lantai ruang tamu 
    Pak Iksan akan dipasangi ubin dengan ukuran 20 cm x 40 cm. Harga sebuah ubin  
    Rp4.450,00.
  • a. Berapa luas lantai ruang tamu Pak Iksan?
  • b. Berapa banyak ubin yang dibutuhkan untuk menutupi seluruh permukaan lantai ruang tamu Pak Iksan?
  • c. Berapa kira-kira biaya yang harus dikeluarkan Pak Iksan untuk membeli ubin yang diperlukan?
    a. Luas lantai = 4 m × 4 m = 16 m2 = 160.000 cm2. 
    b. Luas ubin = 20 cm x 40 cm = 800 cm2.  
        Banyak ubin yang dibutuhkan = 160.000 : 800 = 200 buah.
    c. Harga ubin seluruhnya = 200 × Rp4.450,00
        Harga ubin kira-kira = 200 × Rp4.000,00 = Rp800.000,00.
    Jadi, kira-kira biaya yang harus dikeluarkan Pak Iksan untuk membeli ubin yang 
    diperlukan adalah Rp800.000,00.
3. Ranti membeli 5 buah buku tulis dan 5 buah pensil. Harga sebuah buku tulis Rp2.750,00 
    dan harga sebuah pensil Rp1.850,00. Berapa kira-kira Harga seluruh alat tulis yang harus 
    dibayar Ranti?
    5 × Rp2.750,00 + 5 × Rp1.850,00 ditaksir menjadi
    5 × Rp3.000,00 + 5 × Rp2.000,00 = 5 × (Rp3.000,00 + Rp2.000,00)
                                                                  = 5 × Rp5.000,00
                                                                  = Rp25.000,00
   Jadi, Ranti harus membayar alat tulis kira-kira sebesar Rp25.000,00.
4. Halaman rumah Bu Nurul berbentuk persegi panjang dengan panjang dan lebarnya 10 m 
    dan 4 m. Seluruh halaman akan ditanami rumput. Harga setiap meter persegi rumput 
    Rp22.250,00.
  • a. Berapa luas halaman rumah Bu Nurul?
  • b. Hitunglah perkiraan biaya yang harus dikeluarkan oleh Bu Nurul!
    a. Luas halaman = 10 m × 4 m = 40 m2.
    b. Harga rumput = 40 × Rp22.250,00
        Harga rumput kira-kira = 40 × Rp22.000,00 = Rp880.000,00
        Jadi, perkiraan biaya yang harus dikeluarkan oleh Bu Nurul adalah Rp880.000,00.
5. Hasil panen padi desa Weleri pada bulan Februari sebanyak 8.571 kuintal. Sebanyak 2.894 
    kuintal padi rusak. Berapa kuintal kira-kira padi yang masih baik? 
    (Bulatkan dalam ratusan terdekat)
    8.571 - 2.894 kira-kira 8.600 - 2.900 = 5.700
    Jadi, jumlah padi yang masih baik kira-kira 5.700 kuintal.


Mantep kan mas brow artikel :Pendidikanku : Soal Sifat Operasi Hitung, Pembulatan dan Penaksiran

,.. Pendidikanku : Soal Sifat Operasi Hitung, Pembulatan dan Penaksiran kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah kalau Blegitchu, sampai jumpa di postingan artikel lainnya Jangan lupa Share yaaa. Kawulo Alit manunggaling Gusti.. Donasi web ini silahkan hubungi aksarakuning@gmail.com, seikhlasnya, yang penting membantu membangun dan mencerdaskan kehidupan bangsa.

Anda sekarang membaca artikel Pendidikanku : Soal Sifat Operasi Hitung, Pembulatan dan Penaksiran dengan alamat link https://pendidikan-tld.blogspot.com/2012/09/pendidikanku-soal-sifat-operasi-hitung.html

Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.

Related Posts :

0 Response to "Pendidikanku : Soal Sifat Operasi Hitung, Pembulatan dan Penaksiran"

Posting Komentar