Flashdisk Video Edukasi Islami Berisi 500 Lebih Video Edukasi.. Flashdisk 16GB Sandisk ORIGINAL garansi 5 Tahun. Gratis 1 OTG Dengan potongan 12%! Hanya Rp74.800. Dapatkan sekarang juga di Shopee! klik link ini langsung ke Shopee  VIDEO EDUKASI ISLAMI atau klik wa 081296355567 untuk WA ke Admin langsung Paket Flashdisk Video Edukasi Anak Muslim 16GB + Bonus OTG



Flashdisk Video Edukasi Islami Berisi 500 Lebih Video Edukasi.. Flashdisk 16GB Sandisk ORIGINAL garansi 5 Tahun. Gratis 1 OTG Dengan potongan 12%! Hanya Rp74.800. Dapatkan sekarang juga di Shopee! klik link ini langsung ke Shopee  VIDEO EDUKASI ISLAMI atau klik wa 081296355567 untuk WA ke Admin langsung Paket Flashdisk Video Edukasi Anak Muslim 16GB + Bonus OTG



TENTANG PENDIDIKAN KARAKTER

TENTANG PENDIDIKAN KARAKTER - Sahabat Dunia pendidikan Indonesia, Pada Artikel pendidikan yang anda baca kali ini dengan judul TENTANG PENDIDIKAN KARAKTER, team telah mencoba mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasinya. mudah-mudahan isi artikel saya ini, Artikel PENDIDIKAN KARAKTER, yang sudah dipersiapkan dan kami tulis ini dapat bermanfaat. Selamat membaca, jangan lupa SHARE dan Bookmark agar mudah mencari artikel ini.

Judul : TENTANG PENDIDIKAN KARAKTER
link : TENTANG PENDIDIKAN KARAKTER
Pendidikan karakter menjadi wacana pendidikan yang cukup menonjol di Indonesia akhir-akhir ini. Beragam konsep sudah diajukan oleh para pemerhati pendidikan, meski aplikasinya masih belum terbayangkan. Instansi pendidikan di beberapa daerah bahkan sudah mensosialisasikan pendidikan karakter melalui penyusunan disain hingga rencana pelaksanaan pembelajaran (berbasis) karakter, tetapi hasilnya masih dalam tanda tanya. 
Pemahaman dan penerapan pendidikan karakter pertama-tama memerlukan kejelasan konseptual agar dalam pelaksanaannya memberikan dampak posotif bagi perbaikan kualitas pendidikan. Kejelasan konsep menentukan pilihan model dan pola pelaksanaannya.
Istilah pendidikan karakter dapat ditelusuri dari asal kata pembentuknya, yaitu kata “pendidikan” dan “karakter”. Secara sederhana pendidikan dapat dipahami sebagai usaha membantu orang lain meningkatkan potensi diri.
Sedangkan kata karakter dapat dipahami sebagai watak atau kepribadian, yakni kecenderungan mental individu yang menentukan pilihan sikap dan prilakunya. Pendidikan karakter dengan demikian dapat dipahami sebagai upaya meningkatkan potensi individu terutama dari segi kualitas mental dan kepribadiannya. 
PENDIDIKAN HAKIKI
Karakter adalah kecenderungan mental yang membentuk pola sikap dan perilaku. Karakter disebut juga dengan watak, moral atau akhlak. Kecenderungan tersebut bersifat melekat dan relatif tetap hingga menjadi ciri khas individu ataupun kelompok masyarakat. Setiap individu atau kelompok sosial senantiasa memiliki ciri khas dan kecenderungan umum dalam bersikap dan berperilaku.  
Kekhasan karakter membuat seseorang ataupun kelompok sosial membuatnya dapat dikenali, dan dibedakan dari individu atau kelompok lain. Karakter juga merepresentasikan nilai-nilai yang melekat pada diri seseorang atau kelompok sosial. 
Karakter memiliki pola-pola tertentu. Sikap dan perilaku individu atau kelompok biasanya terikat oleh pola-pola yang merepresentasikan karakternya. Karakter membentuk pola umum dari kecenderungan sikap dan perilaku yang merepresentasikan pola pikir dan bentukan mental.   
Pendidikan yang hakiki terletak pada kualitas pembentukan karakter, yaitu perubahan sikap dan perilaku siswa. Seseorang belum dapat disebut belajar, bilamana proses pendidikan yang dilalui tidak menjadikannya mengalami perubahan dan penguatan karakter positif.
Pengetahuan dan ketrampilan memiliki ranah berbeda dari karakter. Seseorang dapat menguasai bidang ilmu dan ketrampilan melalui proses belajar beberapa saat, tetapi tidak serta-merta disertai dengan perubahan karakter. Tanpa perubahan sikap dan perilaku, pengetahuan dan ketrampilan tidak akan banyak bermakna.   

CIRI KHAS PENDIDIKAN KARAKTER
Pendidikan karakter berbeda dari pendidikan yang hanya berpretensi meningkatkan kemampuan kognitif dan psiko-motorik. Pendidikan karakter dicirikan pada penekanan proses pembelajaran dan pengelolaan sekolah dalam hal:
1.   Pembinaan segi afeksi
Pendidikan karakter menekankan aspek perasaan individu, sebab karakter atau kepribadian individu lebih banyak ditentukan oleh dimensi emosionalnya. Dimensi emosional berlangsung dalam ruang bawah sadar, yang mengendalikan sikap dan perilakunya.
2.    Membangun logika moral melalui reasoning
Pendidikan karakter perlu dilengkapi dengan penanaman nilai-nilai moral melalui pemahaman yang sejalan dengan hukum-hukum logika. Konsep tersebut diperlukan sebagai penguatan terhadap sikap dan perilaku melalui kesadaran logis.
3.    Pembentukan sikap dan perilaku 


Mantep kan mas brow artikel :TENTANG PENDIDIKAN KARAKTER

,.. TENTANG PENDIDIKAN KARAKTER kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah kalau Blegitchu, sampai jumpa di postingan artikel lainnya Jangan lupa Share yaaa. Kawulo Alit manunggaling Gusti.. Donasi web ini silahkan hubungi aksarakuning@gmail.com, seikhlasnya, yang penting membantu membangun dan mencerdaskan kehidupan bangsa.

Anda sekarang membaca artikel TENTANG PENDIDIKAN KARAKTER dengan alamat link https://pendidikan-tld.blogspot.com/2012/02/tentang-pendidikan-karakter.html

Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.

Related Posts :

0 Response to "TENTANG PENDIDIKAN KARAKTER"

Posting Komentar