Flashdisk Video Edukasi Islami Berisi 500 Lebih Video Edukasi.. Flashdisk 16GB Sandisk ORIGINAL garansi 5 Tahun. Gratis 1 OTG Dengan potongan 12%! Hanya Rp74.800. Dapatkan sekarang juga di Shopee! klik link ini langsung ke Shopee  VIDEO EDUKASI ISLAMI atau klik wa 081296355567 untuk WA ke Admin langsung Paket Flashdisk Video Edukasi Anak Muslim 16GB + Bonus OTG



Flashdisk Video Edukasi Islami Berisi 500 Lebih Video Edukasi.. Flashdisk 16GB Sandisk ORIGINAL garansi 5 Tahun. Gratis 1 OTG Dengan potongan 12%! Hanya Rp74.800. Dapatkan sekarang juga di Shopee! klik link ini langsung ke Shopee  VIDEO EDUKASI ISLAMI atau klik wa 081296355567 untuk WA ke Admin langsung Paket Flashdisk Video Edukasi Anak Muslim 16GB + Bonus OTG



Macam-Macam Tes Sekolah Ikatan Dinas

Macam-Macam Tes Sekolah Ikatan Dinas - Sahabat Dunia pendidikan Indonesia, Pada Artikel pendidikan yang anda baca kali ini dengan judul Macam-Macam Tes Sekolah Ikatan Dinas, team telah mencoba mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasinya. mudah-mudahan isi artikel saya ini, Artikel Kuliah, yang sudah dipersiapkan dan kami tulis ini dapat bermanfaat. Selamat membaca, jangan lupa SHARE dan Bookmark agar mudah mencari artikel ini.

Judul : Macam-Macam Tes Sekolah Ikatan Dinas
link : Macam-Macam Tes Sekolah Ikatan Dinas

Baca Juga

Tes Sekolah Ikatan Dinas. Mengenal Macam-Macam Tes Sekolah Ikatan Dinas. Sekolah Tinggi Ikatan Dinas adalah salah satu pilihan bagi Siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) atau sederajat yang akan lulus dan melanjutkan ke Jenjang selanjutnya. Bagi seseorang yang mempunyai tujuan atau keinginan menjadi pegawai negeri sipil (PNS) cara yang paling tepat adalah dengan cara masuk ke sekolah ikatan dinas, karena setelah lulus mereka akan diangkat menjadi calon pegawai negeri sipil (CPNS) di masing-masing kementrian yang sesuai dengan kompetensinya. 

Tes Sekolah Ikatan Dinas

Pada tahun ini sekitar tujuh lembaga dari berbagai kementrian telah membuka pendaftaran sekolah ikatan dinas. berikut ini adalah daftar sekolah ikatan dinas yang membuka pendaftaran mahasiswa baru untuk tahun ajaran 2016/2017.
  1. Kementerian Keuangan (PKN STAN) sebanyak 3.650 siswa (pendaftaran dibuka dari tanggal 21 Maret s/d 3 April 2016, pelaksanaan TKD dari tanggal 20 s/d 24 Juni 2016);
  2. Kementerian Dalam Negeri (IPDN) sebanyak 900 siswa (pendaftaran dibuka dari tanggal 29 Maret s/d 19 April 2016, pelaksanaan TKD dari tanggal 9 s/d 13 Mei 2016);
  3. Kementerian Perhubungan (STTD) sebanyak 300 siswa pola pembibitan (pendaftaran dibuka dari tanggal 4 April s/d 27 Mei 2016, pelaksanaan TKD dari tanggal 9 s/d 10 Agustus 2016);
  4. Kementerian Hukum dan HAM (AIM dan POLTEKIP) sebanyak 260 siswa (pendaftaran dibuka dari tanggal 21 Maret s/d 4 Mei 2016, pelaksanaan TKD dari tanggal 30 Mei s/d 3 Juni 2016);
  5. Badan Pusat Statistik (STIS) sebanyak 500 siswa (pendaftaran dibuka dari tanggal 1 Maret s/d 30 April 2016, pelaksanaan TKD dari tanggal 19 s/d 22 Juli 2016);
  6. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (STMKG) sebanyak 250 siswa (pendaftaran dibuka dari tanggal 21 Maret s/d 22 April 2016, pelaksanaan TKD dari tanggal 11 Mei s/d Selesai);
  7. Lembaga Sandi Negara (STSN) sebanyak 80 siswa (pendaftaran dibuka dari tanggal 15 s/d 30 Maret 2016, pelaksanaan TKD dari tanggal 15 s/d 22 April 2016).
Proses seleksi penerimaan mahasiswa baru di sekolah ikatan dinas sedikit berbeda dengan tes masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN). Dibutuhkan persiapan-persiapan khusus untuk mengikuti proses seleksi masuk sekolah ikatan dinas ini. Jika kamu ingin lolos seleksi masuk sekolah ikatan dinas, kenali dulu jenis-jenis tes yang akan dilakukan pada proses seleksi masuk sekolah ikatan dinas berikut ini:

1. Tes Potensi Akademik (TPA)
Tes Potensi Akademik (TPA) adalah salah satu tes yang sering digunakan pada proses seleksi masuk perguruan tinggi. Bukan hanya pada seleksi penerimaan mahasiswa baru saja. Pada saat proses penerimaan karyawan baru di perusahaan, Tes Potensi Akademik (TPA) ini juga disajikan pada saat seleksi awal calon tenaga kerja. Seleksi Pegawai Negeri Sipil (PNS) pun juga menggunakan tes potensi akademik (TPA) ini. Tes ini bertujuan untuk mengukur dan mengetahui kemampuan seseorang dibidang akademis dan pengetahuan umum lainnya. Karena hal tersebut adalah dasar untuk mengetahui kemampuan seseorang. 

Macam-macam soal yang disajikan dalam Tes Potensi Akademik (TPA) ini terdiri dari tes mengenai gambar, tes angka, tes logika, dan tes verbal. Tes ini hampir sama dengan tes Greduate Recored Examination (GRE) dan Graduate Management Admission Test (GMAT) yang menjadi standar internasional untuk menguji kecerdasan seseorang dalam berbagai kegiatan seleksi. 

2. Tes Kemampuan Dasar (TKD)
Tes Kemampuan Dasar adalah tes yang digunakan untuk mengukur kemampuan dasar seseorang guna menunjang keberhasilannya saat dia bekerja. Tes ini dibagi menjadi tiga bagian, yaitu Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) TEs Intelegeni Umum (TIU) dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP). Sedangkan Tes Kemampuan Pribadi (TKP) ini bertujuan untuk mengenal karakter, kepribadian, dan tingkat emosional pendaftar, seperti integritas diri, semangat berprestasi, kreativitas, dan lain sebagainya. 

Tes Wawasan Kebangsaan (TKW) sendiri digunakan untuk menilai penguasaan pengetahuan dan kemampuan mengimplementasikan nilai-nilai empat pilar kebangsaan Indonesia, mencakup Pancasila, UUD 1945, Bhinneka Tunggal Ika, dan segala hal mengenai Negera Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Sedangkan Tes Intelegensi Umum (TIU) bertujuan menilai kompetensi seseorang dalam hal kemampuan verbal, numerik, logika, dan alalisis. 

Perlu diketahui, bahwa Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) merupakan salah satu Sekolah Ikatan Dinas yang menggunakan Tes Kemampuan Dasar (TKD) dalam proses seleksi penerimaan Praja barunya. 

3. Tes Kemampuan Bidang (TKB)
Tes Kemampuan Bidang (TKB) ini biasanya disajikan setelah peserta lolos pada tahapan tes Tes Kemampuan Akademik (TKA) atau Tes Kemampuan Dasar (TKD). Isi dari Tes Kemampuan Bidang (TKB) ini sifatnya lebih spesifik, lebih jelasnya isinya sesuai dengan bidang masing-masing yang diambil oleh pendaftar. 

Tahapan tes ini secara umum dibagi menjadi ujian tulis, tes psikologi lanjutan, wawancara, dan/atau ujian praktik (untuk bidang-bidang tertentu). TKB ini sangat bervariasi, misalnya tentang pendidikan, kesehatan, agama, hukum, dan masih banyak lagi. 


4. Tes Kesehatan dan Kebugaran
Apabila kamu sudah masuk pada tahapan tes kesehatan dan kebugaran ini, berarti sedikit lagi kamu akan lolos dan diterima pada salah satu sekolah ikatan dinas yang kamu inginkan, karena pada umumnya tes kesehatan ini dilaksanakan di akhir sesi serangkaian proses seleksi. 

Beberapa tahapan yang dilakukan pada tes kesehatan ini adalah mengecek darah, urine, tensi, rontgen, buta warna, ketahanan fisik, kesehatan paru-paru, kesehatan gigi, dan beberapa tes lainnya sesuai kebutuhan dari sekolah ikatan dinas tempat ia daftar. 

Pastikan kondisi tubuh kamu fit pada saat mengikuti serangkaian tes kesehatan, karena bisa jadi calon mahasiswa gugur pada tahapan ini karena kurang bisa menjaga kondisi tubuh. 


Mantep kan mas brow artikel :Macam-Macam Tes Sekolah Ikatan Dinas

,.. Macam-Macam Tes Sekolah Ikatan Dinas kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah kalau Blegitchu, sampai jumpa di postingan artikel lainnya Jangan lupa Share yaaa. Kawulo Alit manunggaling Gusti.. Donasi web ini silahkan hubungi aksarakuning@gmail.com, seikhlasnya, yang penting membantu membangun dan mencerdaskan kehidupan bangsa.

Anda sekarang membaca artikel Macam-Macam Tes Sekolah Ikatan Dinas dengan alamat link https://pendidikan-tld.blogspot.com/2016/03/macam-macam-tes-sekolah-ikatan-dinas.html

Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.

0 Response to "Macam-Macam Tes Sekolah Ikatan Dinas"

Posting Komentar