Flashdisk Video Edukasi Islami Berisi 500 Lebih Video Edukasi.. Flashdisk 16GB Sandisk ORIGINAL garansi 5 Tahun. Gratis 1 OTG Dengan potongan 12%! Hanya Rp74.800. Dapatkan sekarang juga di Shopee! klik link ini langsung ke Shopee  VIDEO EDUKASI ISLAMI atau klik wa 081296355567 untuk WA ke Admin langsung Paket Flashdisk Video Edukasi Anak Muslim 16GB + Bonus OTG



Flashdisk Video Edukasi Islami Berisi 500 Lebih Video Edukasi.. Flashdisk 16GB Sandisk ORIGINAL garansi 5 Tahun. Gratis 1 OTG Dengan potongan 12%! Hanya Rp74.800. Dapatkan sekarang juga di Shopee! klik link ini langsung ke Shopee  VIDEO EDUKASI ISLAMI atau klik wa 081296355567 untuk WA ke Admin langsung Paket Flashdisk Video Edukasi Anak Muslim 16GB + Bonus OTG



RAMBU-RAMBU PENERAPAN PAKEM

RAMBU-RAMBU PENERAPAN PAKEM - Sahabat Dunia pendidikan Indonesia, Pada Artikel pendidikan yang anda baca kali ini dengan judul RAMBU-RAMBU PENERAPAN PAKEM, team telah mencoba mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasinya. mudah-mudahan isi artikel saya ini, Artikel LEARNING, yang sudah dipersiapkan dan kami tulis ini dapat bermanfaat. Selamat membaca, jangan lupa SHARE dan Bookmark agar mudah mencari artikel ini.

Judul : RAMBU-RAMBU PENERAPAN PAKEM
link : RAMBU-RAMBU PENERAPAN PAKEM

Baca Juga


Secara umum, terdapat rambu-rambu yang perlu diperhatikan dalam penerapan PAKEM. Rambu-rambu tersebut dapat dipilahkan ke dalam 2 (dua) konteks, yaitu konteks pembelajaran dan konteks penunjang pembelajaran. Rambu dalam konteks pembelajaran adalah hal-hal yang perlu dilakukan oleh guru dalam proses pembelajaran.
Konteks penunjang adalah hal-hal pendukung yang perlu dilakukan oleh guru guna menunjang keberhasilan proses pembelajaran. Aspek ini perlu dipersiapkan dan dilakukan guru di luar proses pembelajaran.
Aspek Pembelajaran
1.       Membangun suasana belajar yang kondusif.
a.       Guru mengupayakan suasana kelas siap untuk diberikan pembelajaran.
b.      Mengantisipasi hal-hal yang berpotensi mengganggu pembelajaran.
c.       Siswa mengikuti kegiatan pembelajaran dengan perasaan aman,  nyaman, tanpa rasa takut/ kuatir.
d.      Guru tak henti menanamkan keberanian untuk mengemukakan pendapat.
2.       Melibatkan semua siswa.
a.       Perhatian guru pada seluruh siswa.
b.      Guru memberikan perhatian lebih pada anak yang kurang atau belum tertib.
c.       Kegiatan pembelajaran, seperti tanya-jawab, diskusi, kerja kelompok dan energizer membuat semua anak terlibat.
d.      Menghindari 1 (satu) anak memborong beberapa respon atau jawaban.
3.       Mengajukan pertanyaan yang mengundang banyak jawaban.
a.       Membuat pertanyaan yang memungkinkan munculnya banyak jawaban.
b.      Menghindari pertanyaan dengan jawaban tunggal kecuali untuk kuiz.
4.       Merespon dan menghargai semua jawaban.
a.       Guru selalu merespon dan menghargai semua jawaban, misalnya “bagus”, “oke”.
b.      Membiasakan menjawab bergantian, dan menghindari siswa berebut menjawab atau bertanya.
5.       Memberi tugas yang jelas.
a.       Memberikan tugas yang mudah dipahami siswa.
b.      Melengkapi dengan instruksi atau petunjuk tertulis bilamana perlu.
6.       Memanfaatkan energizer, ice breaking dan humor.
a.       Guru memanfaatkan dan yel-yel pendek sebagai jeda pembelajaran.
b.      Guru memberikan ice breaking atau yesl pendek paling lama setiap 20 menit sekali.
c.       Menyelingi humor yang berkaitan dengan materi pelajaran kalau guru bisa.
7.       Memperhatikan waktu.
a.       Memberitahu siswa alokasi atau batasan waktu penyelesaian setiap tugas.
b.      Mengelola setiap kegiatan sesuai waktu.
c.       Tidak menunggu siswa benar-benar selesai.
d.      Menghindari bertanya “Sudah selesai?”, tetapi mengatakan “waktu tinggal 1 menit lagi”
8.       Memanfaatkan sumber dan media pembelajaran yang tepat.
a.       Menguasai materi secara optimal.
b.      Mampu memilih sumber dan media yang sesuai dengan materi.
9.       Mendampingi siswa menyelesaikan tugas.
a.       Memberi tugas dan mendampinginya, bukan untuk ditinggal keluar.
b.      Memantau dan membantu setiap anak atau kelompok dalam mengerjakan tugas.
c.       Mengarahkan hasil kerja siswa setiap saat menemukan hal-hal yang perlu dibenahi.
10.   Mengakomodasi gaya belajar siswa.
a.       Member variasi kegiatan pembelajaran dengan berbagai metode.
b.      Mengupayakan di setiap kegiatan pembelajaran siswa tidak hanya duduk menghadap buku, tetapi juga ada saat berdiri, berjalan atau bergerak fisiknya.
Konteks Penunjang
1.       Membangun lingkungan belajar yang kreatif.
a.       Menyediakan banyak sumber informasi.
b.      Mengelola lingkungan agar sarat informasi.
c.       Menghindari sumber pengetahuan hanya dari buku.
2.       Memberi kesempatan siswa berkarya dan menuangkan kreativitas.
a.       Menyediakan sarana untuk berkarya.
b.      Menyediakan wahana untuk memamerkan karya siswa.
c.       Mengadakan momen menghargai karya.
3.       Mengalolasikan waktu dan media untuk menghargai dan memajangkan hasil karya siswa.
a.       Mengadakan momen untuk memajangkan karya.
b.      Mengadakan kegiatan apresiasi, merespon atau menghargai karya oleh siswa dan guru.
Catatan
Bila melihat item-item yang harus dilakukan dalam rangkan penerapan PAKEM, maka akan timbul kesan rumit dan ribet. Karena itu, perlu ditekankan bahwa pada dasarnya PAKEM merupakan sebuah bentuk penerapan paradigma pembelajaran. PAKEM perlu dijadikan kebiasaan agar item-item tersebut tidak terasa berat dan rumit.
Ibaratnya, PAKEM adalah tugas seorang calon ibu yang menunggu kelahiran anaknya. Bila tugas-tugas yang harus dikerjakan sesudah anaknya lahir ditulis satu-persatu, dapat dipastikan akan menjadi berlembar-lembar halaman.
Ketika seseorang benar-benar siap menjadi seorang ibu, tugas-tugas tersebut akan berjalan begitu saja. Apalagi bila sang ibu menyambut kehadiran bayi itu dengan senang hati dan penuh harapan. 


Mantep kan mas brow artikel :RAMBU-RAMBU PENERAPAN PAKEM

,.. RAMBU-RAMBU PENERAPAN PAKEM kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah kalau Blegitchu, sampai jumpa di postingan artikel lainnya Jangan lupa Share yaaa. Kawulo Alit manunggaling Gusti.. Donasi web ini silahkan hubungi aksarakuning@gmail.com, seikhlasnya, yang penting membantu membangun dan mencerdaskan kehidupan bangsa.

Anda sekarang membaca artikel RAMBU-RAMBU PENERAPAN PAKEM dengan alamat link https://pendidikan-tld.blogspot.com/2011/12/rambu-rambu-penerapan-pakem.html

Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.

0 Response to "RAMBU-RAMBU PENERAPAN PAKEM"

Posting Komentar